MAKALAH
PEMROGAMAN JAVA
Disusun untuk memenuhi Tugas TIK
Dosen Pengampu : Pak Lutfi
Disusun oleh :
Dosen Pengampu : Pak Lutfi
Disusun oleh :
Nama
: Ali Haydar
Fak./Prodi : FIP/Kurikulum Teknologi Pendidikan
NIM : 1102411024
Fak./Prodi : FIP/Kurikulum Teknologi Pendidikan
NIM : 1102411024
E-mail
: tp11024.haydar@gmail.com
Kurikulum Teknologi Pendidikan
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
PRAKATA
Assalamu’alaikum wr.wb.
Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya sehingga pada akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan Makalah TIK ini dengan baik.
Pembuatan tugas ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas TIK yang diberikan oleh Bapak Lutfi selaku dosen dengan judul Pemrogaman.
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan tugas ini tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Maka dengan segala kerendahan saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun kesempurnaan pembuatan tugas TIK ini.
Bila ada susunan isi maupun penulisan yang tidak sempurna saya mohon maaf. Semoga makalah ini bermanfaat.Amien.
Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya sehingga pada akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan Makalah TIK ini dengan baik.
Pembuatan tugas ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas TIK yang diberikan oleh Bapak Lutfi selaku dosen dengan judul Pemrogaman.
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan tugas ini tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Maka dengan segala kerendahan saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun kesempurnaan pembuatan tugas TIK ini.
Bila ada susunan isi maupun penulisan yang tidak sempurna saya mohon maaf. Semoga makalah ini bermanfaat.Amien.
Wassalamualaikum wr.wb
Semarang, 18 oktober 2013
Penyusun,
Ali Haydar
Daftar
Isi
HALAMAN
JUDUL................................................................................................................
l
PRAKATA..................................................................................................................
ll
DAFTAR
ISI
BAB
1 PENDAHULUAN......................................................................................................
lll
LATAR BELAKANG........................................................................................
1
TUJUAN..............................................................................................................
2
BAB
2 PEMBAHASAN...................................................................................................
lV
PENGERTIAN
JAVA..............................................................................................
3
ISTILAH
–ISTILAH
JAVA...............................................................................
SEJARAH
JAVA...............................................................................................
APLIKASI
JAVA MENURUT BIDANG KOMUNIKASI....................................
BAB
3 PEMBAHASAN...................................................................................................
V
TIPE DATA JAVA...............................................................................................
MANFAAT, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
JAVA....................................
Bab
4 PENUTUP...............................................................................................................
KESIMPULAN................................................................................................................
SARAN..........................................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Pesatnya
teknologi, terutama teknologi komputer sudah tak bisa dipungkiri lagi, bagi
yang mengikuti perkembangannya, ia tidak akan dipandang sebelah mata.
Sebaliknya, bagi yang tidak mengikuti perkembangannya, bersiaplah untuk mundur
secara suka rela dari panggung kompetisi. Ibarat wabah, teknologi komputer
sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia. Dari pemerintah pusat
sampai tingkat pemerintah desa, perusahaan-perusahaan, supermarket, minimarket,
perguruan tinggi, SLTA, SLTP, bahkan SD hampir semuanya mengenal komputer.
Java menurut
definisi dari Sun adalah mana untuk sekumpulanteknologi untuk membuat dan
menjalankan perangkat lunak pada komputerstand alone ataupun pada lingkungan
jaringan. Java 2 adalah generasi keduadari java platform. Kata berdiri di atas
sebuah mesin interpreter yang diberimana Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah
yang akan membaca bytecodedalam file.class dari suatu program sebagai
representasi langsung dariprogram yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu,
bahasa java disebutsebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat
dijalankan padaberbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut
terdapat JVM.Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan
ekstensi.java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan
bytecodetersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang
memungkinkanpemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak
untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang
digunakan.
Saat ini, yang mempunyai lingkungan yang
semakin luas dan banyak diminati, juga dapat digunakan untuk menghasilkan
uang adalah dunia pemrograman komputer.
Dalam dunia pemrograman komputer, dikenal banyak bahasa pemrograman, seperti,
Java, dan lain-lain. Di antara banyaknya bahasa pemrograman, tim penyusun akan
membahas Java dan pemrogaman dalam makalah ini. Dalam pembelajaran java ini
bermanfaat bagi para calon pemrogramer dengan keahlian khusus. Tidak hanya ada
dikomputer, di dalam Hadphone smart phone juga sudah menggunakan adanya java
dan lainya. Lebih lengkapnya tentang java, akan dibahas dimakalah ini.
TUJUAN
Makalah ini disusun
dengan tujuan sebagai sarana untuk mengikuti pesatnya perkembangan teknologi
komputer di masa sekarang ini, salah satunya di dunia pemrograman yang sekarang
semakin banyak diminati. Selain itu, tujuan disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata
kuliah TIK, dikarenakan Penulis masih berstatus sebagai mahasiswa Jurusan Teknologi
Pendidikan FIP Universitas Negeri Semarang.
BAB
2
PEMBAHASAN
PENGERTIAN JAVA

Java
menurut definisi dari Sun adalah mana untuk sekumpulan teknologi untuk membuat
dan menjalankan perangkat lunak pada computer stand alone ataupun pada
lingkungan jaringan. Java 2 adalah generasi kedua dari java platform. Kata
berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi mana Java Virtual Machine
(JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file.class dari suatu
program sebagai representasi langsung dari program yang berisi bahasa mesin.
Oleh karena itu, bahasa java disebut
sebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan
pada berbagai sistem operasi, asalkan
pada sistem operasi tersebut terdapat JVM. Agar sebuah program Java dapat
dijalankan, maka file dengan ekstensi, java harus dikompilasi menjadi file
bytecode. Untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime
Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program Java, hanya
menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library
Java yang digunakan. Java memiliki beberapa versi library atau teknologi yang
disebut juga sebagai edisi dari bahasa pemrograman Java. Tiga edisi utama dari
library tersebut adalah Micro, Standard, dan Enterprise. J2ME (Java2 Micro
Edition) Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah
program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan
dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini.
Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven). Setelah era Star Seven
selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari
proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan
kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju:
jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada
rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang
menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet
masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat
perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an,
Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi
Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java
versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama
kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang
terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah
ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt
dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk
Netscape. Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan
kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk
versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek
dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama
ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk)
kesukaan Gosling.
ISTILAH –ISTILAH JAVA
Pernyataan Switch
· Pernyataan Switch satu-satunya jenis
pernyataan yang mengimplementasikan java multiway percabangan
· Setiap pernyataan cabang dalam sebuah
pernyataan switch diawali dengan kata cadangan, diikuti oleh sebuah konstanta
yang disebut label kasus, diikuti oleh titik dua, dan kemudian urutan laporan
merupakan edisi library
yang dirancang untuk digunakan pada device tertententu seperti pagers dan
mobile phone. J2SE (Java2 Standard Edition) merupakan edisi library yang
dirancang untuk membuat aplikasi desktop atau applet pada web browser. J2EE
(Java2 Enterprise Edition) merupakan edisi librari Java yang dirancang untuk
membuat sebuah aplikasi enterprise yang memerlukan antarmuka dengan sumber data
(data source) atau dapat pula dikatakan bahwa J2EE adalah kelompok yang lebih
besar dengan J2SE di dalamnya.
SEJARAH JAVA
Bahasa Pemrograman Java
pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal
tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi
yang dinamakan Oak. Proyek inidimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan,
James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun
Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh
Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand
Hill Road di Menlo Park. Tetapi masing-masing dapat terjadi sekali agar setiap
laporan dapat diikuti dengan pernyataan .
Mungkin juga ada bagian berlabel Default:
Default adalah opsional,
dan biasanya berlangsung bahkan jika kasus label termasuk semua hasil yang
mungkin dalam sebuah pernyataan dari switch tertentu, itu masih merupakan
praktik yang baik untuk menyertakan bagian default digunakan untuk kesalahan
output pesan, misalnya
· ketika mengendalikan ekspresi lalu
dievaluasi, kode untuk label yang nilainya sesuai dengan kasus mengendalikan
ekspresi dieksekusi, Jika label tidak cocok dengan kasus ini, maka laporan
hanya dilakukan oleh mereka dengan mengikuti label default (jika ada satu)
· Pernyataan Switch berakhir ketika
menjalankan sebuah pernyataan istirahat, atau ketika akhir pernyataan switch
dicapai
Ø ketika
komputer menjalankan laporan setelah label kasus, terus sampai break tercapai
Ø jika
melanggar diabaikan, maka setelah melaksanakan kode untuk satu kasus, komputer
akan melanjutkan untuk mengeksekusi kode untuk kasus berikutnya
Ø Jika
break tidak sengaja mengabaikan, compiler tidak akan mengeluarkan pesan
kesalahan
Pernyataan Switch
switch
(Controlling_Expression)
{
case Case_Label_1:
Statement_Sequence_1
break;
case Case_Label_2:
Statement_Sequence_2
break;
case Case_Label_n:
Statement_Sequence_n
break;
default:
Default_Statement Sequence
break;
}
Operator bersyarat
· Operator Bersyarat adalah varian
notational dari beberapa bentuk pernyataan istilah
v kata lain disebut juga operator ternary atau
aritmetika , contoh:
if (n1 > n2) max =
n1;
else max = n2;
vs.
max = (n1 > n2) ? n1
: n2;
Ekspresi Boolean
1. Ekspresi
Boolean adalah ekspresi benar atau salah
2. ekspresi
Boolean yang paling sederhana untuk membandingkan nilai dari dua ekspresi ===
myScore yourScore waktu batas
Perangkap menggunakan
string
Ø Kesetaraan
operator perbandingan (==) dengan benar dapat menguji dua nilai dari tipe
primitif,
Ø namun
ketika diterapkan pada dua benda sebagai obyek uji String kelas == untuk
melihat jika mereka disimpan dalam lokasi memori yang sama, bukan apakah atau
tidak mereka memiliki
Ø Untuk
sedikit nilai tes yang sama dua tali untuk melihat apakah mereka memiliki nilai
yang sama, menggunakan metode yang serupa dengan, atau equalsIgnoreCase
string1.equals(string2)
string1.equalsIgnoreCase(string2)
Leksikografis dan
urutan abjad
· Leksikografis server sama dengan ASCII
server, termasuk huruf, angka, dan huruf besar lainnya
Semua
karakter dalam urutan abjad, dan huruf kecil semua dalam urutan abjad, tetapi
huruf kapital semua datang sebelum huruf kecil. Jika s1 dan s2 adalah dua
variabel jenis String yang telah diberi nilai String, kemudian s1.compareTo
(s2) return angka negatif jika datang sebelum s1 s2 dalam rangka leksikografis,
kembali nol jika kedua string sama, dan kembali angka positif jika s1 s2
· Ketika datang sebelum melakukan
perbandingan alfabet dari string (bukan perbandingan leksikografis), yang
terdiri atas campuran huruf kecil dan huruf besar, gunakan metode tidak
compareToIgnoreCase
Membuat ekspresi
Boolean
· Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan
dengan menggunakan Boolean "dan" (& &) operator, seluruh
ekspresi benar memberikan dua ekspresi benar
Ø jika ekspresi salah
· Ketika dua ekspresi yang
dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "atau" (| |) operator, yang
seluruh ekspresi benar selama satu ekspresi yang benar
dari istilah ini adalah salah hanya jika
kedua ekspresi palsu
· Setiap ekspresi Boolean dapat
menegasikan menggunakan!
Ø Tempat
operator ekspresi dalam tanda kurung dan tempat!
· Tidak seperti operator di depan notasi
matematika, string dari pertidaksamaan harus bergabung oleh & &
Ø Gunakan
(min <hasil) & & (hasil <max) daripada min <hasil <maks
§ Evaluasi
Ekspresi Boolean
· Meskipun ekspresi Boolean yang
digunakan untuk mengontrol cabang dan laporan loop, ekspresi Boolean dapat
eksis secara independen atau variable
§ Boolean
dapat diberikan nilai ekspresi Boolean menggunakan
· Boolean Expression tugas laporan dapat
dievaluasi dengan cara yang sama bahwa ekspresi aritmatika dievaluasi. Satu-satunya
perbedaan adalah bahwa ekspresi aritmatika menghasilkan sejumlah sebagai
hasilnya, sementara ekspresi Boolean menghasilkan baik benar atau salah sebagai
akibatnya mereka
boolean madeIt = (time
< limit) && (limit < max);
Truth
Tables
Hubungan singkat dan
Evaluasi lengkap
· Java dapat mengambil jalan pintas
ketika mengevaluasi bagian pertama dari ekspresi Boolean hasil dari bagian
kedua bahwa evaluasi tidak dapat mengubah, disebut sirkuit evaluasi singkat
atau evaluasi malas. misalnya, ketika
mengevaluasi dua subexpressions Boolean bergabung oleh & &, jika yang
pertama subexpression mengevaluasi ke false, maka ekspresi akan mengevaluasi
seluruh ke false, tidak peduli nilai subexpression. Kedua cara itu, ketika
mengevaluasi dua subexpressions bergabung dengan Boolean | |, jika
subexpression pertama mengevaluasi true, maka ekspresi akan mengevaluasi
seluruh menjadi true. Ada saat-saat ketika menggunakan evaluasi hubung singkat
dapat mencegah kesalahan runtime. Contoh berikut, jika jumlah anak-anak adalah
sama dengan nol, maka subexpression kedua tidak akan dievaluasi, sehingga
mencegah membagi dengan nol kesalahan
Perhatikan bahwa urutan
terbalik dari subexpressions tidak akan mencegah hal ini
if ((kids !=0)
&& ((toys/kids) >=2)) . . .
· Kadang-kadang lebih baik untuk selalu
mengevaluasi kedua ekspresi, yaitu permintaan untuk evaluasi yang lengkap. Dalam
hal ini, menggunakan & dan | operator daripada & & dan | |
Pendahuluan
dan peraturan Associativity
Boolean dan ekspresi
aritmatika tidak perlu sepenuhnya kurung
ü Jika
beberapa atau semua tanda kurung dihapus, Java akan mengikuti aturan
associativity (diringkas dalam tabel berikut) untuk menentukan urutan operasi
ü jika
satu operator terjadi lebih tinggi dalam tabel dari siapapun lain, memiliki hak
yang lebih tinggi dan dikelompokkan dengan operan sebelum hak operator rendah
ü Jika dua operator memiliki hak yang sama, maka
aturan associativity untuk menentukan yang dikelompokkan pertama
Mengevaluasi
Ekspresi
· Secara
umum, kurung dalam ekspresi dapat untuk membantu dokumen programmer daripada
mengandalkan aturan protokoler dan associativity, yang terbaik adalah
memasukkan tanda kurung siku, kecuali arti yang diinginkan jelas.
Binding
: Hubungan dari operan dengan operator merekaekspresi kurung menyelesaikan dan
sepenuhnya mengikat untuk semua operator dalam ekspresi
· Side Effects: Bila, selain untuk
nilai-nilai, ekspresi mengubah sesuatu, seperti nilai-nilai dari variable tugas,
meningkatkan dan operator penurunan semua menghasilkan efek samping
§ Aturan
Untuk Mengevaluasi Ekspresi
Tentukan
setara sepenuhnya melakukan ekspresi mengikat menggunakan kurung yang benar dan
aturan associativity
· Prosiding kiri ke kanan, mengevaluasi
apa yang bisa segera dievaluasi subexpressions
subexpressions atau
metode argumen, misalnya, evaluasi konstan atau variabel numerik. Untuk setiap
operasi asing dan metode permintaan sesegera semua operator (argumen yaitu)
telah dievaluasi
Pengulangan
o
Loop di Java sama dengan dalam bahasa
tingkat tinggi lain
o
Java memiliki tiga jenis laporan loop:
Sementara itu, sementara agenda, dan melaporkan
o
Kode berulang dalam satu lingkaran loop
disebut tubuh disebut tubuh masing-masing loop-loop iterasi putaran
Pernyataan
While
· Sebuah pernyataan yang sementara digunakan
untuk mengulang bagian dari kode tersebut (yaitu, tubuh loop) berdasarkan
evaluasi ekspresi
Ekspresi
Boolean Boolean diperiksa sebelum tubuh loop dijalankan ka salah, tubuh loop
tidak dijalankan sama sekali, sebelum pelaksanaan setiap loop iterasi berikut
tubuh, ekspresi Boolean diperiksa kembali
Ø Jika itu benar, tubuh loop dijalankan lagi
Ø Jika salah, pernyataan itu mengakhiri loop
Tubuh
loop dapat terdiri dari sebuah pernyataan tunggal, atau pernyataan yang
ditutupi dalam sepasang kurung (())
Pernyataan
Do- while
· Do- while pernyataan yang digunakan
untuk menjalankan beberapa kode (misalnya, tubuh loop), kemudian ulangi
berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean
Dari
tubuh loop dieksekusi sedikitnya satu kali dalam ekspresi
Ø Boolean diperiksa setelah tubuh loop
dijalankan adalah
· ekspresi Boolean diperiksa setelah
setiap iterasi dari tubuhar, tubuh loop dijalankan lagi palsu, pernyataan loop
ujung
Lupa Untuk Meletakkan
Titik Koma Setelah Ekspresi Boolean
· Sebagai laporan sementara, tubuh loop
dapat terdiri dari pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam
sepasang tanda kurung (())
Algoritma Dan Kode
Pseudo
Bagian
yang sulit untuk memecahkan masalah dengan program komputer tidak berurusan
dengan aturan sintaks bahasa pemrograman. Sebaliknya, ia datang dengan metode
solusi yang mendasari adalah bagian paling sulit. Algoritma adalah satu set
instruksi yang tepat yang mengarah ke solusi
Algoritma
biasanya ditulis dalam pseudo, yang merupakan campuran bahasa pemrograman dan
bahasa manusia, seperti bahasa Inggris
Pseudocode harus tepat
dan cukup jelas sehingga seorang programmer yang baik dapat dikonversi menjadi
sintaktis kode yang benar, bagaimanapun adalah jauh lebih kaku daripada kode
pseudo : Orang tidak perlu khawatir tentang poin sintaksis atau negara bagian
variabel, misalnya
Pernyataan
For
· Untuk klaim yang paling sering
digunakan untuk langkah melalui variabel integer tahap yang sama
· diawali dengan kata kunci for, diikuti
dengan tiga ekspresi dalam kurung yang menjelaskan apa yang harus dilakukan
dengan satu atau lebih variabel untuk mengontrol
ekspresi
pertama memberitahu bagaimana variabel kontrol atau variabel diinisialisasi
atau dideklarasikan dan diinisialisasi sebelum iterasi pertama
ekspresi
kedua menentukan waktu loop harus berakhir, berdasarkan evaluasi ekspresi
Boolean sebelum setiap iterasi
ekspresi
ketiga menceritakan bagaimana variabel kontrol atau variabel akan diperbarui
setelah setiap tubuh loop iterasi
Pernyataan
syntax for
for (inisialisasi;
Boolean_Expression; Update) Badan
· Pengawas dapat terdiri dari pernyataan
tunggal atau daftar laporan tertutup dalam sepasang tanda kurung (())
§ Perhatikan
bahwa tiga ekspresi kontrol dipisahkan oleh dua,, bukan tiga titik koma
§ Perhatikan
bahwa ada tidak ada titik koma setelah kurung tutup pada awal loop
Tanda Koma Dari
Pernyataan For
· for loop dapat berisi beberapa
inisialisasi tindakan dipisahkan oleh koma
Perhatian harus digunakan
ketika menggabungkan sebuah deklarasi dengan beberapa tindakan ini ilegal untuk
menggabungkan beberapa jenis deklarasi dengan beberapa tindakan, seperti, Untuk
menghindari masalah yang mungkin, yang terbaik adalah untuk menyatakan semua
variabel luar pernyataan for
A untuk loop dapat
berisi tindakan memperbarui beberapa, dipisahkan dengan koma juga Hal ini
bahkan dimungkinkan untuk menghilangkan tubuh loop di jalan, namun, untuk loop
hanya dapat berisi satu ekspresi Boolean untuk menguji loop akhir
Contoh program import
java.util.Scanner;
public class coba
{
public static void main(String args[])
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
int barang,pilihan,banyak,harga;
System.out.println("LPKIAMART");
System.out.println("selamat datang
selamat berbelanja");
System.out.println("1. ice cream
magnum");
System.out.println("2. susu
ultra");
System.out.println("3. pulpy
orange");
System.out.println("4. lays keripik
kentang");
System.out.println("5. coca cola");
System.out.println("6. sari roti
sandwich");
System.out.print("masukan barang yang
anda pilih : ");
barang = input.nextInt();
switch(barang)
{
case 1 :
System.out.println("nama barang : ice cream magnum");
System.out.println("harga
satuan : 8.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan anda beli : ");
banyak =
input.nextInt();
harga =
banyak * 8500;
System.out.print("Total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 2 : System.out.println("nama
barang : susu ultra");
System.out.println("harga satuan : 4.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 4500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 3 :
System.out.println("nama barang : pulpy orange");
System.out.println("harga
satuan : 6.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 6500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 4 :
System.out.println("nama barang : lays keripik kentang");
System.out.println("harga satuan : 7.500");
System.out.print("berapa banyak
yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 7500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 5 :
System.out.println("nama barang : coca cola");
System.out.println("harga satuan : 5.000");
System.out.print("berapa
banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 5500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
case 6 :
System.out.println("nama barang : sari roti sandwich");
System.out.println("harga satuan : 2.500");
System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
banyak = input.nextInt();
harga = banyak * 2500;
System.out.print("total harga : ");
System.out.println(harga);
break;
}
}
}
public static void
main(String args[ ] )
String[ ] args : method main menerima variable dengan nama args, bertipe
String. Tanda [ ] menunjukkan args adalah variable array.
system.out.println( )
: menampilkan teks yang
diapit “ “ ke layar. Jangan lupa memberi tanda ;
nextInt() untuk membaca
inputan integer
{ : menandai dimulainya
isi class tesProgram sedangkan, } : menutup isi class.
Bentuk dari Switch-case
merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan
keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian.
Pernyataan switch - case ini memiliki kegunaan sama seperti if – else
bertingkat.
break adalah perintah
untuk mengakhiri statement. Apabila tidak ada break, komputer akan mengeksekusi
intruksi yang berada di bawahnya walaupun berada di case yang berbeda.
PERKEMBANGAN JAVA DAN
APLIKASI JAVA MENURUT BIDANG KOMUNIKASI
Java
telah sukses dikembangkan di berbagai bidang sejak awal pertama kali muncul
hingga saat ini. Bahasa Java dalam perkembangannya memegang teguh filosofi
sehingga diminati oleh banyak programmer di dunia. Hal yang membuat bahasa Java
semakin diminati adalah ketika berbagai device mendukung java dengan J2ME,
sehingga banyak praktisi yang berusaha menguasai Java untuk membuat aplikasi
yang bisa berjalan di berbagai Mobile Device, PDA, dan Embedded System.
Perkembangan Java saat ini hingga menjadi 4 platform utama, yaitu Java Card,
Java Micro Edition, Java Standard Edition, dan Java Enterprise Edition.
1.
Aplikasi Web
Hal yang umum bahwa
aplikasi web saat ini sangat umum digunakan khalayak IT, tidak hanya praktisi
tapi juga khalayak umum apalagi dengan adanya social networking di dunia maya
melalui browser. Hal ini mungkin dikarenakan manusia merupakan makhluk social
sehingga dengan adanya social networking di dunia maya membuat masyarakat umum
banyak menggunakan internet sebagai media komunikasi. Java merupakan salah satu
bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi web karena memang java dibuat untuk
memberikan solusi untuk aplikasi yang berbasis jaringan.
Diantaranya yang
mendukung aplikasi web adalah
- Applet
- Java (untuk aplikasi
web berbasis server)
- CORBA (untuk aplikasi
terdistribusi)
Selain itu Java juga
memiliki SDK (Software Development Kit) yaitu
J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
2.
Java Web services
Merupakan aplikasi web
berbasis interprise yang mengunakan standart XML dan protocol tertentu dalam
bertukar data dengan klien.Teknologi ini meliputi beberapa API yang dirancang
untuk bekerja dengan XML seperti Jsva API for XML Based RPC (JAX-RPC), Java API
for XML based messaging (JAXM),Java API for XML Processing (JAXP) dan Java API
for XML Binding (JAXB).
Penerapan
pada Android
Sistem
Android saat ini menggunakan Java didalamnya, dimana lapisan di atas kernel
adalah Android runtime, termasuk mesin virtual Dalvik (Dalvik VM) dan Java
Library. Dalvik VM adalah implementasi Java dari Google, dioptimalkan untuk
perangkat mobile. Semua kode yang Anda tulis untuk Android akan ditulis di Java
dan dijalankan dalam Virtual Machine. Dalvik berbeda dari Java tradisional
dalam dua hal penting:
o
Dalvik VM menjalankan .dex file, yang dijabarkan pada
waktu kompilasi dari standar file .class dan .jar. File .dex adalah lebih
kompak dan efisien daripada file .class, suatu pertimbangan penting untuk
memori terbatas dan perangkat bertenaga baterai yang berbasis Android.
o
Pustaka Java core yang datang dengan
Android berbeda dari pustaka Java Standard Edition (Java SE) dan Java Mobile
Edition (Java ME).
Penerapan
Java
1.
m-commerce
E-commerce
lebih identik dengan transaksi jual-beli barang dan jasa secara online, online
shop, dan bisnis lain yang dilakukan melalui internet. Transaksi bisa berupa
B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Customer). E-Commerce tidak
hanya dilakukan di dalam browser namun juga dilakukan di dalam perangkat mobile
yang biasa disebut dengan mobile commerce. Mobile Commerce biasa menggunakan
aplikasi berbasis java dalam penerapannya, bahkan browser pada mobile juga
banyak yang menggunakan platform java missal yang banyak digunakan adalah Opera
Mini.
Jumlah
pengguna ponsel pada umumnya lebih banyak ketimbang pengguna internet melalui
PC/laptop sehingga pelanggan melalui ponsel lebih banyak bisa dijangkau
daripada pengguna yang tidak menggunakan ponsel. Dengan banyaknya pengguna
ponsel ini maka semakin besar peluang untuk pengguna ponsel melakukan transaksi
jika ponsel mereka bisa bisa digunakan untuk E-Commerce, maka m-commerce
semakin banyak dikembangkan karena potensinya yang cukup besar. Contoh aplikasi
telah dikembangkan adalah mobile banking, aplikasi untuk transaksi
saham,pelelangan barang dan lain sebagainya. Namun pengembangan aplikasi ini
tidak terlepas dengan keamanan yang didukung oleh aplikasi tersebut. Oleh
karena itu platform yang banyak digunakan adalah WAP dan Java ME baik melalui
teknologi seperti Circuit Switched Data (CSD) atau General Packet Radio Service
(GPRS).
2.
Social Networking
Seperti
dijelaskan di atas, manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan interaksi
dengan sesame. Dengan bahasa Java dimungkinkan untuk membuat aplikasi social
networking yang memenuhi kebutuhan user dalam berinteraksi melalui device
(tanpa suara tentunya).
Contoh
terbaru adalah kerjasama antara Facebook dan Snaptu dalam menghasilkan sebuah
aplikasi berbasis java. Konsepnya akan seperti Facebook Zero. Pengguna akan
bisa mempergunakan aplikasi ini secara gratis 90 hari tanpa perlu dibebani data
akses. Namun karena gratis maka hanya bisa dipergunakan di operator yang
bekerjasama dengan Facebook. Layanan ini baru tersedia di beberapa negara.
Sayangnya operator di Indonesia belum ada yang mendukung layanan ini. Aplikasi
ini mirip dengan Facebook di Snaptu sebelumnya. Bisa untuk update status,
komentar, melihat foto dll. Alamat untuk mengunduh adalah di m.fb.snaptu.com/f.
3.
Games
Penerapan Java pada
games saat ini sudah sangat luas, terutama pada ponsel dan android. Game java
dapat diunduh dimana saja dan sebagian telah mendukung grafis 3D. Dengan dukungan
J2ME pada ponsel memungkinkan game berbasis java dan mesin virtual Dalvik pada
Android.
TIPE DATA JAVA
Java memiliki tipe data
yang dapat dikategorikan menjadi duakelompok, yaitu tipe data primitif dan
referensi.
1.
Tipe Data Primitif
Delapan macam tipe data
primitif dalam pemrograman Java, yaitu :
v Integer
( Bilangan Bulat )
Integer merupakan tipe
data numerik yang digunakan apabilatidak berurusan dengan pecahan atau bilangan
desimal. Tipe datanumerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :
|
Tipe
|
Diskripsi
|
|
Birt
|
Memiliki nilai integer dari -128
sampai +127 danmenempati 1 byte ( 8 bits ) di memori
|
|
Short
|
Memiliki nilai integer dari -32768
sampai 32767 danmenempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori
|
|
Int
|
Memiliki nilai integer dari
-2147483648 sampai2147483647 dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) dimemori
|
|
Long
|
Memiliki nilai dari
-9223372036854775808 sampai9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64
bits) di memori
|
Bilangan integer
biasanya menggunakan int, dan bukan byte,short maupun long. Bilangan integer
juga mengenal nilai positif dannegatif ( signed number ). Tipe data byte dan
short hanya digunakanpada aplikasi khusus yang memperhatikan penggunaan
memori.Sedangkan long jarang digunakan karena jarang memerlukan bilangansebesar
kapasitas long.
v Floating
Point ( Bilangan Pecahan )
Floating Point
digunakan untuk menangani bilangan decimal atauperhitungan yang lebih detail
dibanding integer. Ada dua macamfloating point, yaitu :
|
Tipe
|
Deskripsi
|
|
Float
|
memiliki nilai -3.4x108 sampai
+3.4x108 dan menempati 4byte di memori
|
|
Double
|
memiliki nilai -1.7x10308
sampai +1.7x10308
|
Semua bilangan pecahan
atau desimal dalam Java tanpa diakhiri huruf f akan dianggap sebagai double.
Sedangkan bilangan yang ingindikategorikan sebagai float harus diakhiri dengan
huruf F. Misalnya :4.22 F atau 2.314f.Sedangkan untuk bilangan double, bisa
menambah dengan huruf D, karena secara default bilangan dengan koma atau
pecahan ataudesimal akan dianggap sebagai double.
v Char
Char adalah karakter
tunggal yang didefinisikan dengan diawalidan diakhiri dengan tand
a „ (petik tunggal).
Char berbeda dengan
String, karena String
bukan merupakan tipe data primitif, tetapi sudahmerupakan sebuah objek. Tipe
char mengikuti aturan unicode, sehinggadapat menggunakan kode /u kemudian
diikuti bilangan dari 0 sampai65535, tetapi yang biasa digunakan adalah
bilangan heksadesimal dari
0000 sampai FFFF.
Misalnya : „
\
u123‟
Selain karakter biasa, juga terdapat karakter
khusus yangdidefinisikan dengan cara mengawalinya menggunakan tanda \
sepertipada tabel berikut :
Kode
Nama
Nilai Unicode
\b Backspace \u0008 \t Tab \u0009
\n Linefeed \u000a
\r Carriage return \u000d
\* Double quote \u0022
\
‟
Single Quote \u0027
\\ Backslash \u005c
v Boolean
Dalam Java dikenal tipe
data boolean yang terdiri dari dua nilaisaja, yaitu true dan false. Boolean
sangat penting dalam mengevaluasisuatu kondisi, dan sering digunakan untuk
menentukan alur program.
2.
Tipe Data Referensi
Kelebihan pemrograman
berorientasi objek adalah dapatmendefinisikan tipe data baru yang merupakan
objek dari class tertentu.Tipe data ini digunakan untuk mereferensikan objek
atau class tertentu,seperti String.
Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat membuat
seluruh bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat
dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Java adalah
bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada
berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus
pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan
bersifat open source.
Java
memiliki karakteristik berikut :
1.
Berorientasi objek (Object Oriented)
Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang
membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali.
Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan
melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
2.
Terdistribusi (Distributed)
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi
secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada
Java.
3.
Interpreted
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java
Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang
telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform
yang berbeda-beda.
4.
Robust
Java mempuyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada
Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan
bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk
membantu mengatasi error pada pemrograman.
5.
Secure
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java
memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan
untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
6.
Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai
satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform berbeda dengan Java
Virtual Machine.
7.
Portable
Source code maupun program Java dapat dengan mudah
dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.
8.
Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program
yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
9.
Dynamic
Java
didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada
suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan
tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.
v Kelebihan
§ Multiplatform. Kelebihan
utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa Sistem operasi komputer,
sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan
kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi
(diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode)
sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa
perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan
diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft
Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac
OS dan Sun solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi
menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java)
untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
§ OOP (Object
Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya
semua aspek yang terdapat di Java adalah Object. Java merupakan salah satu
bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari
kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan
pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan
sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir.
Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah,
bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara
komputer sekalipun.
§ Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java
terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan
program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan
dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan
perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang
terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh
kebutuhan pembangunan aplikasi.
v Kekurangan
§ Mudah didekompilasi.
Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini
dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang
menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas,
metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan
lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.
§ Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan
memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat
tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih
spesifik lagi,Delphi dan Object Pascal) Biasanya ini bukan merupakan
masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori
terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus
berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
MANFAAT
APLIKASI JAVA
Aplikasi
facebook

Facebook termasuk
dari salah satu social networking platform yang paling populer. Jejaring
seperti Facebook tidak hanya menghubungkan satu orang dengan orang lainnya di
dunia tanpa batas, akan tetapi menciptakan komunikasi atas profil, kegemaran,
dan terutama pencitraan. Tidak mengherankan apabila jejaring sosial (social
networking) seperti Facebook sering dimanfaatkan untuk keperluan promosi,
kampanye, bahkan propaganda. Tidak hanya untuk mengkomunikasikan citra individu,
akan tetapi termasuk pula kelompok, organisasi, maupun produk. Di tahun 2008
lalu, Facebook bahkan mampu mengalahkan popularitas jejaring sosial ternama
lainnya seperti MySpace, Friendster, dan Multiply. Siapapun bisa memanfaatkan
ataupun mengoptimalkan Facebook Di sini disediakan dua buah ebook panduan
menggunakan Facebook untuk pemula (for Dummies)dan tingkat lanjut (advanced
user).
Aplikasi online Facebook tidak hanya mampu mengkomunikasikan melalui pesan, akan tetapi mampu pula menciptakan komunikasi interaktif online. Di antara situs jejaring sosial, Facebook memiliki fitur yang paling lengkap. Mereka yang memanfaatkan aplikasi jejaring online Facebook tidak hanya individu, akan tetapi kelompok, organisasi, dan bahkan suatu negara. Tentunya kita masih ingat ketika Israel pernah memanfaatkan Facebook (bersama dengan Twitter) untuk membela kepentingan mereka di Jalur Gaza.
Aplikasi online Facebook tidak hanya mampu mengkomunikasikan melalui pesan, akan tetapi mampu pula menciptakan komunikasi interaktif online. Di antara situs jejaring sosial, Facebook memiliki fitur yang paling lengkap. Mereka yang memanfaatkan aplikasi jejaring online Facebook tidak hanya individu, akan tetapi kelompok, organisasi, dan bahkan suatu negara. Tentunya kita masih ingat ketika Israel pernah memanfaatkan Facebook (bersama dengan Twitter) untuk membela kepentingan mereka di Jalur Gaza.
Aplikasi
opera mini

Opera Mini adalah
penjelajah web yang dirancang khusus untuk ponsel, dan juga untuk PDA Phone
dan Smartphone,Penjelajah Web ini tersedia dalam Java , Android,
Windows Mobile, iOS,Blackbary OS , UIQ3, Symbian,
dan Zebbo. Opera Mini adalah sebuah aplikasi yang gratis, didukung melalui
kemitraan antara para pengembang, yaitu Opera Software, situs
aplikasi gratis Gamejump situs web Yahoo, dan
Mesin Pencari Google.
Opera Mini berasal dari Penjelajah
opera web untuk komputer pribadi, yang telah tersedia untuk umum
sejak 1996. Opera Mini pada awalnya dirancang untuk ponsel yang
telah mampu terkoneksi atau tersambung ke jaringan internet.
Opera Mini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 10 agustus 2005sebagai pilot
projek dalam kerjasama dengan station televition Nurwegia,Tv2. Sehingga pada saat itu, Opera Mini hanya
tersedia untuk pelanggan TV 2.
Opera Mini terbaru mempunyai fitur
yang tidak ada pada Browser bawaan ponsel biasa yaitu mengupload file secara
langsung. Opera Mini terkenal akan dengan kecepatan browsingnya yang
cukup cepat, biasanya lebih cepat daripada browser bawaan ponsel. Keunggulan
lainnya dari Opera Mini adalah tarifnya yang
relatif lebih murah dari browser bawaan milik ponsel ini dikarenakan Opera Mini
dapat mengkompres suatu halaman sampai 90%. Keunggulan yang menarik ialah dapat
menyimpan halaman website yang dianggap penting atau menarik oleh penggunanya,
dan selanjutnya disimpan di folder yang telah dipilih pengguna pada memori
telepon atau kartu memori. Opera Mini juga dapat menyinkronkan bookmark,
dan tekan cepat ke akun milik anda dikomunitas opera. Versi Opera Mini 6
menyertakan fitur Share yang memungkinkan pengguna membagikan halaman yang
dibaca ke account jejaring sosial facebook, tweeter dan My Opera.
Aplikasi kamus

Aplikasi Kamus sangat
berguna dalam berbahasa, tahap pembelajaran kamus berperan penting dalam
memahami kosa kata. Semangat belajar berbahasa tentu dilengkapi fasilitas yang
lengkap diantaranya kamus tebal yang di bawa-bawa sepanjang waktu. Anda tidak
perlu repot lagi membawa kamus yang tebal, karena ada solusi jitu yang akan
membantu untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bahasa yang sulit
untuk dimengerti. karena dengan menggunakan aplikasi kamus bisa mengurangi
kepikunan sebab tanpa kita sadari aplikasi kamus mengajak agar orang
sedikit berfikir dan menganalisa tentang bahasa yang ingin di mengerti. Karena
dengan berfikir dan menganalisa itu dapat mengurangi kepikun dalam usia yang
sudah lanjut usia.
Sesuai dengan konsep belajar bahasa yang menyarankan agar kita praktek
kapanpun dan dimanapun kita merasa senang untuk
belajar Software kamus ini ada dalam versi
sesuai dengan sistem yang lebih banyak dipakai oleh pengguna aplikasi mobile
yaitu dalam bentuk Java.
Aplikasi game

Bermain game
juga ada manfaatnya. Manfaatnya yang selama ini saya dapatkan adalah melatih
kepekaan, melatih problem solving, berpikir logis dan kreatif, dan yang paling
berpengaruh adalah secara tidak langsung kita belajar bahasa Inggris. Manfaat
yang terakhir ini sungguh luar biasa, kita sebagai orang Indonesia sangat buruk
dalam mempelajari bahasa Inggris tetapi dengan bermain game mau tidak mau kita
harus belajar bahasa Inggris agar kita bisa memecakan permasalahan yang ada
didalam pemainan game agar kiata bisa memenangkan game itu. Karena bahasa yang
digunakan dalam game pada umumnya adalah bahasa Inggris, dan dialog, pengantar,
tips, pilihan yang ada memakai bahasa Inggris, sehingga semakin sering kita
bermain game, kita secara tidak langsung telah berlatih bahasa Inggris. Hasil
penelitian menyebutkan bahwa para pemain game ini memiliki fokus yang lebih
terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan
mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali.
Manfaat dari bermain game juga dapat dirasakan bagi orang yang sudah tua atau
dengan kata lain lanjut usia karena dengan bermain game bisa mengurangi
kepikunan sebab tampa kita sadari game mengajak pemainnya agar sedikit berfikir
dan menganalisa bagaimana cara menyelesaikan permain game. Karena dengan
berfikir dan menganalisa itu dapat ngurangi kepikun dalam usia yang sudah
lansia. Ternyata maksud dari semua pembuat game dan kebanyakan programmer game
adalah berusaha melatih kepekaan, problem solving, dan logika pemain ketika
dihadapkan pada suatu keadaan yang kurang menguntungkan, dibumbui dengan
kejutan2 dan ketegangan yang memompa adrenalin dan emosi. Contohnya : KONAMI,
pembuat game SILENT HILL, dan developer game2 yang lain ingin mengatakan bahwa
“dalam keadaan serba sulit, asal kita mau berusaha, pasti ada jalan keluarnya”
Jadi manfaat
dari bermain game, dapat disimpulkan dalam beberapa point sebagai berikut:
- Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
- Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers lainnya secara multiplayer
- Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
- Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
- Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas
- Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi – terutama anak perempuan, yang tidak menggunakan teknologi sesering anak cowok.
- Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
- Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin komunikasi satu sama lain.
- Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuha
PENUTUP
Simpulan
Dengan
proses pengenalan java ini, maka dapat disimpulkan.
§ Bahwa java
adalah suatu aplikasi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari kita dan sangat
membantu
§ java sebuah
program yang dapat membuat berbagai aplikasi
§ Bisa menjadi
sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
§ Bahasa
Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18
bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992.
§ Sistem
Android saat ini menggunakan Java didalamnya, dimana lapisan di atas kernel
adalah Android runtime,
§ TIPE
DATA JAVA
1.
Tipe Data Primitif
v Integer
( Bilangan Bulat )
v Floating
Point ( Bilangan Pecahan )
v Char
v Boolean
2.
Tipe Data Referensi
Java
memiliki karakteristik berikut :
§
Berorientasi objek (Object )
§ Interpreted
§ Robust
§ Secure
§ Architecture
Neutral
§ Portable
§ Multithreaded
§ Dynamic
3.2 Saran
Untuk
mengenal lebih jauh tentang java belajar sejak dini karena java merupakan suatu
program yang di buat untuk membuat aplikasi yang berguna bagi zaman modern saat
ini. Dan dengan pesatnya teknologi saat ini, dan fasilitas yang sudah lebih
maju, perbanyaklah belajar tentang IT dan yang berhubungan dengan IT, karena
sangat berguna di kemudian hari, dengan java maupun yang lain.
Dafttar Pustaka

Tidak ada komentar:
Posting Komentar