Rabu, 30 Oktober 2013

about Java



MAKALAH
PEMROGAMAN JAVA



Disusun untuk memenuhi Tugas TIK
Dosen Pengampu : Pak Lutfi
Disusun oleh :
Nama                    : Ali Haydar
Fak./Prodi             : FIP/Kurikulum Teknologi Pendidikan
NIM                      : 1102411024
E-mail                   : tp11024.haydar@gmail.com

Kurikulum Teknologi Pendidikan
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG




PRAKATA
Assalamu’alaikum wr.wb.
Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya sehingga pada akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan Makalah TIK ini dengan baik.
Pembuatan tugas ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas TIK yang diberikan oleh Bapak Lutfi selaku dosen dengan judul Pemrogaman.
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan tugas ini tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Maka dengan segala kerendahan saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun kesempurnaan pembuatan tugas TIK ini.
Bila ada susunan isi maupun penulisan yang tidak sempurna saya mohon maaf. Semoga makalah ini bermanfaat.Amien.
Wassalamualaikum wr.wb

Semarang, 18 oktober 2013
Penyusun,


Ali Haydar










Daftar Isi
HALAMAN JUDUL................................................................................................................ l
PRAKATA.................................................................................................................. ll
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN...................................................................................................... lll
LATAR BELAKANG........................................................................................ 1
TUJUAN.............................................................................................................. 2
BAB 2 PEMBAHASAN................................................................................................... lV
PENGERTIAN JAVA.............................................................................................. 3
ISTILAH –ISTILAH JAVA...............................................................................
SEJARAH JAVA...............................................................................................
APLIKASI JAVA MENURUT BIDANG KOMUNIKASI....................................
BAB 3 PEMBAHASAN................................................................................................... V
            TIPE DATA JAVA...............................................................................................
            MANFAAT, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JAVA....................................
Bab 4  PENUTUP...............................................................................................................
KESIMPULAN................................................................................................................
SARAN..........................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA









BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Pesatnya teknologi, terutama teknologi komputer sudah tak bisa dipungkiri lagi, bagi yang mengikuti perkembangannya, ia tidak akan dipandang sebelah mata. Sebaliknya, bagi yang tidak mengikuti perkembangannya, bersiaplah untuk mundur secara suka rela dari panggung kompetisi. Ibarat wabah, teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia. Dari pemerintah pusat sampai tingkat pemerintah desa, perusahaan-perusahaan, supermarket, minimarket, perguruan tinggi, SLTA, SLTP, bahkan SD hampir semuanya mengenal komputer.
Java menurut definisi dari Sun adalah mana untuk sekumpulanteknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputerstand alone ataupun pada lingkungan jaringan. Java 2 adalah generasi keduadari java platform. Kata berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberimana Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecodedalam file.class dari suatu program sebagai representasi langsung dariprogram yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa java disebutsebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan padaberbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat JVM.Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan ekstensi.java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan bytecodetersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkanpemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang digunakan.
Saat ini, yang mempunyai lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang  adalah dunia pemrograman komputer. Dalam dunia pemrograman komputer, dikenal banyak bahasa pemrograman, seperti, Java, dan lain-lain. Di antara banyaknya bahasa pemrograman, tim penyusun akan membahas Java dan pemrogaman dalam makalah ini. Dalam pembelajaran java ini bermanfaat bagi para calon pemrogramer dengan keahlian khusus. Tidak hanya ada dikomputer, di dalam Hadphone smart phone juga sudah menggunakan adanya java dan lainya. Lebih lengkapnya tentang java, akan dibahas dimakalah ini.

TUJUAN
Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai sarana untuk mengikuti pesatnya perkembangan teknologi komputer di masa sekarang ini, salah satunya di dunia pemrograman yang sekarang semakin banyak diminati. Selain itu, tujuan disusunnya  makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK, dikarenakan Penulis masih berstatus sebagai mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Semarang.


BAB 2
PEMBAHASAN

PENGERTIAN JAVA
Description: C:\Users\Haydar\Pictures\java\Java-logo.png
Java menurut definisi dari Sun adalah mana untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada computer stand alone ataupun pada lingkungan jaringan. Java 2 adalah generasi kedua dari java platform. Kata berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi mana Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file.class dari suatu program sebagai representasi langsung dari program yang berisi bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa java disebut  sebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan pada  berbagai sistem operasi, asalkan pada sistem operasi tersebut terdapat JVM. Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan ekstensi, java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program Java, hanya menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library Java yang digunakan. Java memiliki beberapa versi library atau teknologi yang disebut juga sebagai edisi dari bahasa pemrograman Java. Tiga edisi utama dari library tersebut adalah Micro, Standard, dan Enterprise. J2ME (Java2 Micro Edition) Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven). Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape. Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.



ISTILAH –ISTILAH JAVA
Pernyataan Switch
·         Pernyataan Switch satu-satunya jenis pernyataan yang mengimplementasikan java multiway percabangan
*     Ketika pernyataan switch dievaluasi, salah satu jumlah cabang pilihan yang berbeda untuk menjalankan cabang
*     ditentukan dengan mengendalikan ekspresi yang ditutupi dalam kisaran waktu setelah kata kunci mengkonfirmasi switch ekspresi harus mengevaluasi ke char, int, pendek, atau byte.
·         Setiap pernyataan cabang dalam sebuah pernyataan switch diawali dengan kata cadangan, diikuti oleh sebuah konstanta yang disebut label kasus, diikuti oleh titik dua, dan kemudian urutan laporan
*     Setiap kasus harus diberi label dengan jenis kasus yang sama perlu mengendalikan ekspresi
*     Label tidak terdaftar atau span interval lengkap,
merupakan edisi library yang dirancang untuk digunakan pada device tertententu seperti pagers dan mobile phone. J2SE (Java2 Standard Edition) merupakan edisi library yang dirancang untuk membuat aplikasi desktop atau applet pada web browser. J2EE (Java2 Enterprise Edition) merupakan edisi librari Java yang dirancang untuk membuat sebuah aplikasi enterprise yang memerlukan antarmuka dengan sumber data (data source) atau dapat pula dikatakan bahwa J2EE adalah kelompok yang lebih besar dengan J2SE di dalamnya.





SEJARAH JAVA
Bahasa Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek inidimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Tetapi masing-masing dapat terjadi sekali agar setiap laporan dapat diikuti dengan pernyataan .

  Mungkin juga ada bagian berlabel Default:
Default adalah opsional, dan biasanya berlangsung bahkan jika kasus label termasuk semua hasil yang mungkin dalam sebuah pernyataan dari switch tertentu, itu masih merupakan praktik yang baik untuk menyertakan bagian default digunakan untuk kesalahan output pesan, misalnya
·         ketika mengendalikan ekspresi lalu dievaluasi, kode untuk label yang nilainya sesuai dengan kasus mengendalikan ekspresi dieksekusi, Jika label tidak cocok dengan kasus ini, maka laporan hanya dilakukan oleh mereka dengan mengikuti label default (jika ada satu)

·         Pernyataan Switch berakhir ketika menjalankan sebuah pernyataan istirahat, atau ketika akhir pernyataan switch dicapai
Ø  ketika komputer menjalankan laporan setelah label kasus, terus sampai break tercapai
Ø  jika melanggar diabaikan, maka setelah melaksanakan kode untuk satu kasus, komputer akan melanjutkan untuk mengeksekusi kode untuk kasus berikutnya
Ø  Jika break tidak sengaja mengabaikan, compiler tidak akan mengeluarkan pesan kesalahan

Pernyataan Switch
switch (Controlling_Expression)
{
  case Case_Label_1:
           Statement_Sequence_1
           break;
  case Case_Label_2:
           Statement_Sequence_2
           break;

  case Case_Label_n:
           Statement_Sequence_n
           break;
  default:
           Default_Statement Sequence
           break;
}

Operator bersyarat
·         Operator Bersyarat adalah varian notational dari beberapa bentuk pernyataan istilah
v  kata lain disebut juga operator ternary atau aritmetika , contoh:

if (n1 > n2)   max = n1;
else           max = n2;
vs.
max = (n1 > n2) ? n1 : n2;

*     Ekspresi di sebelah kanan operator penugasan adalah operator ekspresi dari ekspresi kondisional Boolean
*     Jika benar, maka ekspresi dievaluasi ke nilai ungkapan pertama (n1), selain untuk mengevaluasi nilai dari ekspresi kedua (n2)

Ekspresi Boolean
1.      Ekspresi Boolean adalah ekspresi benar atau salah
2.      ekspresi Boolean yang paling sederhana untuk membandingkan nilai dari dua ekspresi === myScore yourScore waktu batas
*      Catatan bahwa Java menggunakan dua tanda sama dengan (==) untuk pengujian kesetaraan: A sama satu sign (=) digunakan hanya untuk tugas Ekspresi
*     Boolean yang ditutupi dalam kurung tersebut tidak diperlukan, kecuali ia digunakan dalam pernyataan jika

Perangkap menggunakan string

Ø  Kesetaraan operator perbandingan (==) dengan benar dapat menguji dua nilai dari tipe primitif,
Ø  namun ketika diterapkan pada dua benda sebagai obyek uji String kelas == untuk melihat jika mereka disimpan dalam lokasi memori yang sama, bukan apakah atau tidak mereka memiliki
Ø  Untuk sedikit nilai tes yang sama dua tali untuk melihat apakah mereka memiliki nilai yang sama, menggunakan metode yang serupa dengan, atau equalsIgnoreCase
string1.equals(string2)
string1.equalsIgnoreCase(string2)

Leksikografis dan urutan abjad

·         Leksikografis server sama dengan ASCII server, termasuk huruf, angka, dan huruf besar lainnya
Semua karakter dalam urutan abjad, dan huruf kecil semua dalam urutan abjad, tetapi huruf kapital semua datang sebelum huruf kecil. Jika s1 dan s2 adalah dua variabel jenis String yang telah diberi nilai String, kemudian s1.compareTo (s2) return angka negatif jika datang sebelum s1 s2 dalam rangka leksikografis, kembali nol jika kedua string sama, dan kembali angka positif jika s1 s2
·         Ketika datang sebelum melakukan perbandingan alfabet dari string (bukan perbandingan leksikografis), yang terdiri atas campuran huruf kecil dan huruf besar, gunakan metode tidak compareToIgnoreCase
Membuat ekspresi Boolean
·         Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "dan" (& &) operator, seluruh ekspresi benar memberikan dua ekspresi benar
Ø    jika ekspresi salah
·         Ketika dua ekspresi yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "atau" (| |) operator, yang seluruh ekspresi benar selama satu ekspresi yang benar
  dari istilah ini adalah salah hanya jika kedua ekspresi palsu
·         Setiap ekspresi Boolean dapat menegasikan menggunakan!
Ø  Tempat operator ekspresi dalam tanda kurung dan tempat!
·         Tidak seperti operator di depan notasi matematika, string dari pertidaksamaan harus bergabung oleh & &
Ø  Gunakan (min <hasil) & & (hasil <max) daripada min <hasil <maks

§  Evaluasi Ekspresi Boolean
·         Meskipun ekspresi Boolean yang digunakan untuk mengontrol cabang dan laporan loop, ekspresi Boolean dapat eksis secara independen atau variable
§  Boolean dapat diberikan nilai ekspresi Boolean menggunakan
·         Boolean Expression tugas laporan dapat dievaluasi dengan cara yang sama bahwa ekspresi aritmatika dievaluasi. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ekspresi aritmatika menghasilkan sejumlah sebagai hasilnya, sementara ekspresi Boolean menghasilkan baik benar atau salah sebagai akibatnya mereka
boolean madeIt = (time < limit) && (limit < max);
Truth Tables
Hubungan singkat dan Evaluasi lengkap
·         Java dapat mengambil jalan pintas ketika mengevaluasi bagian pertama dari ekspresi Boolean hasil dari bagian kedua bahwa evaluasi tidak dapat mengubah, disebut sirkuit evaluasi singkat atau evaluasi malas. misalnya, ketika mengevaluasi dua subexpressions Boolean bergabung oleh & &, jika yang pertama subexpression mengevaluasi ke false, maka ekspresi akan mengevaluasi seluruh ke false, tidak peduli nilai subexpression. Kedua cara itu, ketika mengevaluasi dua subexpressions bergabung dengan Boolean | |, jika subexpression pertama mengevaluasi true, maka ekspresi akan mengevaluasi seluruh menjadi true. Ada saat-saat ketika menggunakan evaluasi hubung singkat dapat mencegah kesalahan runtime. Contoh berikut, jika jumlah anak-anak adalah sama dengan nol, maka subexpression kedua tidak akan dievaluasi, sehingga mencegah membagi dengan nol kesalahan
Perhatikan bahwa urutan terbalik dari subexpressions tidak akan mencegah hal ini
if ((kids !=0) && ((toys/kids) >=2)) . . .
·         Kadang-kadang lebih baik untuk selalu mengevaluasi kedua ekspresi, yaitu permintaan untuk evaluasi yang lengkap. Dalam hal ini, menggunakan & dan | operator daripada & & dan | |
Pendahuluan dan peraturan Associativity
Boolean dan ekspresi aritmatika tidak perlu sepenuhnya kurung
ü  Jika beberapa atau semua tanda kurung dihapus, Java akan mengikuti aturan associativity (diringkas dalam tabel berikut) untuk menentukan urutan operasi
ü  jika satu operator terjadi lebih tinggi dalam tabel dari siapapun lain, memiliki hak yang lebih tinggi dan dikelompokkan dengan operan sebelum hak operator rendah
ü   Jika dua operator memiliki hak yang sama, maka aturan associativity untuk menentukan yang dikelompokkan pertama
Mengevaluasi Ekspresi
·         Secara umum, kurung dalam ekspresi dapat untuk membantu dokumen programmer daripada mengandalkan aturan protokoler dan associativity, yang terbaik adalah memasukkan tanda kurung siku, kecuali arti yang diinginkan jelas.
Binding : Hubungan dari operan dengan operator merekaekspresi kurung menyelesaikan dan sepenuhnya mengikat untuk semua operator dalam ekspresi
·         Side Effects: Bila, selain untuk nilai-nilai, ekspresi mengubah sesuatu, seperti nilai-nilai dari variable tugas, meningkatkan dan operator penurunan semua menghasilkan efek samping
§  Aturan Untuk Mengevaluasi Ekspresi
Tentukan setara sepenuhnya melakukan ekspresi mengikat menggunakan kurung yang benar dan aturan associativity
·         Prosiding kiri ke kanan, mengevaluasi apa yang bisa segera dievaluasi subexpressions
subexpressions atau metode argumen, misalnya, evaluasi konstan atau variabel numerik. Untuk setiap operasi asing dan metode permintaan sesegera semua operator (argumen yaitu) telah dievaluasi

Pengulangan
o   Loop di Java sama dengan dalam bahasa tingkat tinggi lain
o   Java memiliki tiga jenis laporan loop: Sementara itu, sementara agenda, dan melaporkan
o   Kode berulang dalam satu lingkaran loop disebut tubuh disebut tubuh masing-masing loop-loop iterasi putaran

Pernyataan While
·         Sebuah pernyataan yang sementara digunakan untuk mengulang bagian dari kode tersebut (yaitu, tubuh loop) berdasarkan evaluasi ekspresi
Ekspresi Boolean Boolean diperiksa sebelum tubuh loop dijalankan ka salah, tubuh loop tidak dijalankan sama sekali, sebelum pelaksanaan setiap loop iterasi berikut tubuh, ekspresi Boolean diperiksa kembali
Ø  Jika itu benar, tubuh loop dijalankan lagi
Ø  Jika salah, pernyataan itu mengakhiri loop
Tubuh loop dapat terdiri dari sebuah pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang kurung (())
Pernyataan Do- while
·         Do- while pernyataan yang digunakan untuk menjalankan beberapa kode (misalnya, tubuh loop), kemudian ulangi berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean
Dari tubuh loop dieksekusi sedikitnya satu kali dalam ekspresi
Ø  Boolean diperiksa setelah tubuh loop dijalankan adalah
·         ekspresi Boolean diperiksa setelah setiap iterasi dari tubuhar, tubuh loop dijalankan lagi palsu, pernyataan loop ujung
Lupa Untuk Meletakkan Titik Koma Setelah Ekspresi Boolean
·         Sebagai laporan sementara, tubuh loop dapat terdiri dari pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang tanda kurung (())
Algoritma Dan Kode Pseudo
Bagian yang sulit untuk memecahkan masalah dengan program komputer tidak berurusan dengan aturan sintaks bahasa pemrograman. Sebaliknya, ia datang dengan metode solusi yang mendasari adalah bagian paling sulit. Algoritma adalah satu set instruksi yang tepat yang mengarah ke solusi
Algoritma biasanya ditulis dalam pseudo, yang merupakan campuran bahasa pemrograman dan bahasa manusia, seperti bahasa Inggris
Pseudocode harus tepat dan cukup jelas sehingga seorang programmer yang baik dapat dikonversi menjadi sintaktis kode yang benar, bagaimanapun adalah jauh lebih kaku daripada kode pseudo : Orang tidak perlu khawatir tentang poin sintaksis atau negara bagian variabel, misalnya

Pernyataan For
·         Untuk klaim yang paling sering digunakan untuk langkah melalui variabel integer tahap yang sama
·         diawali dengan kata kunci for, diikuti dengan tiga ekspresi dalam kurung yang menjelaskan apa yang harus dilakukan dengan satu atau lebih variabel untuk mengontrol
ekspresi pertama memberitahu bagaimana variabel kontrol atau variabel diinisialisasi atau dideklarasikan dan diinisialisasi sebelum iterasi pertama
ekspresi kedua menentukan waktu loop harus berakhir, berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean sebelum setiap iterasi
ekspresi ketiga menceritakan bagaimana variabel kontrol atau variabel akan diperbarui setelah setiap tubuh loop iterasi

Pernyataan syntax  for
for (inisialisasi; Boolean_Expression; Update) Badan
·         Pengawas dapat terdiri dari pernyataan tunggal atau daftar laporan tertutup dalam sepasang tanda kurung (())
§  Perhatikan bahwa tiga ekspresi kontrol dipisahkan oleh dua,, bukan tiga titik koma
§  Perhatikan bahwa ada tidak ada titik koma setelah kurung tutup pada awal loop
Tanda Koma Dari Pernyataan For
·         for loop dapat berisi beberapa inisialisasi tindakan dipisahkan oleh koma
Perhatian harus digunakan ketika menggabungkan sebuah deklarasi dengan beberapa tindakan ini ilegal untuk menggabungkan beberapa jenis deklarasi dengan beberapa tindakan, seperti, Untuk menghindari masalah yang mungkin, yang terbaik adalah untuk menyatakan semua variabel luar pernyataan for
A untuk loop dapat berisi tindakan memperbarui beberapa, dipisahkan dengan koma juga Hal ini bahkan dimungkinkan untuk menghilangkan tubuh loop di jalan, namun, untuk loop hanya dapat berisi satu ekspresi Boolean untuk menguji loop akhir
Contoh program import java.util.Scanner;
public class coba
{

 public static void main(String args[])
 {

  Scanner input = new Scanner(System.in);

  int barang,pilihan,banyak,harga;
   System.out.println("LPKIAMART");
  System.out.println("selamat datang selamat berbelanja");
  System.out.println("1. ice cream magnum");
  System.out.println("2. susu ultra");
  System.out.println("3. pulpy orange");
  System.out.println("4. lays keripik kentang");
  System.out.println("5. coca cola");
  System.out.println("6. sari roti sandwich");
  System.out.print("masukan barang yang anda pilih : ");
  barang = input.nextInt();

  switch(barang)
  {
            case 1 : System.out.println("nama barang : ice cream magnum");
                                     System.out.println("harga satuan : 8.500");
                                     System.out.print("berapa banyak yang akan anda beli : ");
                                     banyak = input.nextInt();
                                     harga = banyak * 8500;
                                     System.out.print("Total harga : ");
                                     System.out.println(harga);
                                     break;
                                    
            case 2 : System.out.println("nama barang : susu ultra");
                     System.out.println("harga satuan : 4.500");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 4500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
          
            case 3 : System.out.println("nama barang : pulpy orange");
                     System.out.println("harga satuan : 6.500");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 6500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
                    
            case 4 : System.out.println("nama barang : lays keripik kentang");
                     System.out.println("harga satuan : 7.500");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 7500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
                    
            case 5 : System.out.println("nama barang : coca cola");
                     System.out.println("harga satuan : 5.000");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 5500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
                    
            case 6 : System.out.println("nama barang : sari roti sandwich");
                     System.out.println("harga satuan : 2.500");
                     System.out.print("berapa banyak yang akan di beli : ");
                     banyak = input.nextInt();
                     harga = banyak * 2500;
                     System.out.print("total harga : ");
                     System.out.println(harga);
                     break;
          
  }
 }
}


public static void main(String args[ ] )               String[ ] args : method main menerima variable dengan nama args, bertipe String. Tanda [ ] menunjukkan args adalah variable array.
system.out.println( ) :             menampilkan teks yang diapit “ “ ke layar. Jangan lupa memberi tanda ; 
nextInt() untuk membaca inputan integer
{ : menandai dimulainya isi class tesProgram sedangkan, } : menutup isi class.
Bentuk dari Switch-case merupakan pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif penyelesaian. Pernyataan switch - case ini memiliki kegunaan sama seperti if – else bertingkat.
break adalah perintah untuk mengakhiri statement. Apabila tidak ada break, komputer akan mengeksekusi intruksi yang berada di bawahnya walaupun berada di case yang berbeda.

PERKEMBANGAN JAVA DAN APLIKASI JAVA MENURUT BIDANG KOMUNIKASI
Java telah sukses dikembangkan di berbagai bidang sejak awal pertama kali muncul hingga saat ini. Bahasa Java dalam perkembangannya memegang teguh filosofi sehingga diminati oleh banyak programmer di dunia. Hal yang membuat bahasa Java semakin diminati adalah ketika berbagai device mendukung java dengan J2ME, sehingga banyak praktisi yang berusaha menguasai Java untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di berbagai Mobile Device, PDA, dan Embedded System. Perkembangan Java saat ini hingga menjadi 4 platform utama, yaitu Java Card, Java Micro Edition, Java Standard Edition, dan Java Enterprise Edition.

1. Aplikasi Web
Hal yang umum bahwa aplikasi web saat ini sangat umum digunakan khalayak IT, tidak hanya praktisi tapi juga khalayak umum apalagi dengan adanya social networking di dunia maya melalui browser. Hal ini mungkin dikarenakan manusia merupakan makhluk social sehingga dengan adanya social networking di dunia maya membuat masyarakat umum banyak menggunakan internet sebagai media komunikasi. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi web karena memang java dibuat untuk memberikan solusi untuk aplikasi yang berbasis jaringan.

Diantaranya yang mendukung aplikasi web adalah
- Applet
- Java (untuk aplikasi web berbasis server)
- CORBA (untuk aplikasi terdistribusi)
Selain itu Java juga memiliki SDK (Software Development Kit) yaitu  J2EE (Java 2 Enterprise Edition)


2. Java Web services
Merupakan aplikasi web berbasis interprise yang mengunakan standart XML dan protocol tertentu dalam bertukar data dengan klien.Teknologi ini meliputi beberapa API yang dirancang untuk bekerja dengan XML seperti Jsva API for XML Based RPC (JAX-RPC), Java API for XML based messaging (JAXM),Java API for XML Processing (JAXP) dan Java API for XML Binding (JAXB).

Penerapan pada Android
Sistem Android saat ini menggunakan Java didalamnya, dimana lapisan di atas kernel adalah Android runtime, termasuk mesin virtual Dalvik (Dalvik VM) dan Java Library. Dalvik VM adalah implementasi Java dari Google, dioptimalkan untuk perangkat mobile. Semua kode yang Anda tulis untuk Android akan ditulis di Java dan dijalankan dalam Virtual Machine. Dalvik berbeda dari Java tradisional dalam dua hal penting:
o   Dalvik VM  menjalankan .dex file, yang dijabarkan pada waktu kompilasi dari standar file .class dan .jar. File .dex adalah lebih kompak dan efisien daripada file .class, suatu pertimbangan penting untuk memori terbatas dan perangkat bertenaga baterai yang berbasis Android.

o   Pustaka Java core yang datang dengan Android berbeda dari pustaka Java Standard Edition (Java SE) dan Java Mobile Edition (Java ME).
Penerapan Java
1.      m-commerce
E-commerce lebih identik dengan transaksi jual-beli barang dan jasa secara online, online shop, dan bisnis lain yang dilakukan melalui internet. Transaksi bisa berupa B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Customer). E-Commerce tidak hanya dilakukan di dalam browser namun juga dilakukan di dalam perangkat mobile yang biasa disebut dengan mobile commerce. Mobile Commerce biasa menggunakan aplikasi berbasis java dalam penerapannya, bahkan browser pada mobile juga banyak yang menggunakan platform java missal yang banyak digunakan adalah Opera Mini.
Jumlah pengguna ponsel pada umumnya lebih banyak ketimbang pengguna internet melalui PC/laptop sehingga pelanggan melalui ponsel lebih banyak bisa dijangkau daripada pengguna yang tidak menggunakan ponsel. Dengan banyaknya pengguna ponsel ini maka semakin besar peluang untuk pengguna ponsel melakukan transaksi jika ponsel mereka bisa bisa digunakan untuk E-Commerce, maka m-commerce semakin banyak dikembangkan karena potensinya yang cukup besar. Contoh aplikasi telah dikembangkan adalah mobile banking, aplikasi untuk transaksi saham,pelelangan barang dan lain sebagainya. Namun pengembangan aplikasi ini tidak terlepas dengan keamanan yang didukung oleh aplikasi tersebut. Oleh karena itu platform yang banyak digunakan adalah WAP dan Java ME baik melalui teknologi seperti Circuit Switched Data (CSD) atau General Packet Radio Service (GPRS).

2.       Social Networking
Seperti dijelaskan di atas, manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan interaksi dengan sesame. Dengan bahasa Java dimungkinkan untuk membuat aplikasi social networking yang memenuhi kebutuhan user dalam berinteraksi melalui device (tanpa suara tentunya).
Contoh terbaru adalah kerjasama antara Facebook dan Snaptu dalam menghasilkan sebuah aplikasi berbasis java. Konsepnya akan seperti Facebook Zero. Pengguna akan bisa mempergunakan aplikasi ini secara gratis 90 hari tanpa perlu dibebani data akses. Namun karena gratis maka hanya bisa dipergunakan di operator yang bekerjasama dengan Facebook. Layanan ini baru tersedia di beberapa negara. Sayangnya operator di Indonesia belum ada yang mendukung layanan ini. Aplikasi ini mirip dengan Facebook di Snaptu sebelumnya. Bisa untuk update status, komentar, melihat foto dll. Alamat untuk mengunduh adalah di m.fb.snaptu.com/f.

3.       Games
Penerapan Java pada games saat ini sudah sangat luas, terutama pada ponsel dan android. Game java dapat diunduh dimana saja dan sebagian telah mendukung grafis 3D. Dengan dukungan J2ME pada ponsel memungkinkan game berbasis java dan mesin virtual Dalvik pada Android.
TIPE DATA JAVA
Java memiliki tipe data yang dapat dikategorikan menjadi duakelompok, yaitu tipe data primitif dan referensi.
1.      Tipe Data Primitif
Delapan macam tipe data primitif dalam pemrograman Java, yaitu :
v Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan tipe data numerik yang digunakan apabilatidak berurusan dengan pecahan atau bilangan desimal. Tipe datanumerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :
Tipe
Diskripsi
Birt
Memiliki nilai integer dari -128 sampai +127 danmenempati 1 byte ( 8 bits ) di memori
Short
Memiliki nilai integer dari -32768 sampai 32767 danmenempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori
Int
Memiliki nilai integer dari -2147483648 sampai2147483647 dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) dimemori
Long
Memiliki nilai dari -9223372036854775808 sampai9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64 bits) di memori

Bilangan integer biasanya menggunakan int, dan bukan byte,short maupun long. Bilangan integer juga mengenal nilai positif dannegatif ( signed number ). Tipe data byte dan short hanya digunakanpada aplikasi khusus yang memperhatikan penggunaan memori.Sedangkan long jarang digunakan karena jarang memerlukan bilangansebesar kapasitas long.
v Floating Point ( Bilangan Pecahan )
Floating Point digunakan untuk menangani bilangan decimal atauperhitungan yang lebih detail dibanding integer. Ada dua macamfloating point, yaitu :
Tipe
Deskripsi
Float
memiliki nilai -3.4x108 sampai +3.4x108 dan menempati 4byte di memori
Double
memiliki nilai -1.7x10308 sampai +1.7x10308

Semua bilangan pecahan atau desimal dalam Java tanpa diakhiri huruf f akan dianggap sebagai double. Sedangkan bilangan yang ingindikategorikan sebagai float harus diakhiri dengan huruf F. Misalnya :4.22 F atau 2.314f.Sedangkan untuk bilangan double, bisa menambah dengan huruf D, karena secara default bilangan dengan koma atau pecahan ataudesimal akan dianggap sebagai double.
v Char
Char adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawalidan diakhiri dengan tand
a „ (petik tunggal). Char berbeda dengan
String, karena String bukan merupakan tipe data primitif, tetapi sudahmerupakan sebuah objek. Tipe char mengikuti aturan unicode, sehinggadapat menggunakan kode /u kemudian diikuti bilangan dari 0 sampai65535, tetapi yang biasa digunakan adalah bilangan heksadesimal dari
0000 sampai FFFF. Misalnya : „
 \
u123‟
 Selain karakter biasa, juga terdapat karakter khusus yangdidefinisikan dengan cara mengawalinya menggunakan tanda \ sepertipada tabel berikut :
Kode

Nama

Nilai Unicode
 \b Backspace \u0008 \t Tab \u0009

 \n Linefeed \u000a

 \r Carriage return \u000d

 \* Double quote \u0022

 \
Single Quote \u0027

 \\ Backslash \u005c

v Boolean
Dalam Java dikenal tipe data boolean yang terdiri dari dua nilaisaja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasisuatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.

2.      Tipe Data Referensi
Kelebihan pemrograman berorientasi objek adalah dapatmendefinisikan tipe data baru yang merupakan objek dari class tertentu.Tipe data ini digunakan untuk mereferensikan objek atau class tertentu,seperti String.
Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source.

Java memiliki karakteristik berikut :
1.        Berorientasi objek (Object Oriented)
Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

2.       Terdistribusi (Distributed)
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

3.       Interpreted
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

4.       Robust
Java mempuyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.

5.       Secure
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
6.      Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform berbeda dengan Java Virtual Machine.
7.      Portable
Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.  








8.       Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.




9.       Dynamic
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.



v Kelebihan
§  Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa Sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

§ OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Object. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

§  Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.


v Kekurangan
§  Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.
§  Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi,Delphi dan Object Pascal) Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

MANFAAT APLIKASI JAVA
Aplikasi facebook
Description: C:\Users\Haydar\Pictures\java\aplikasi Facebook.jpg
Facebook termasuk dari salah satu social networking platform yang paling populer. Jejaring seperti Facebook tidak hanya menghubungkan satu orang dengan orang lainnya di dunia tanpa batas, akan tetapi menciptakan komunikasi atas profil, kegemaran, dan terutama pencitraan. Tidak mengherankan apabila jejaring sosial (social networking) seperti Facebook sering dimanfaatkan untuk keperluan promosi, kampanye, bahkan propaganda. Tidak hanya untuk mengkomunikasikan citra individu, akan tetapi termasuk pula kelompok, organisasi, maupun produk. Di tahun 2008 lalu, Facebook bahkan mampu mengalahkan popularitas jejaring sosial ternama lainnya seperti MySpace, Friendster, dan Multiply. Siapapun bisa memanfaatkan ataupun mengoptimalkan Facebook Di sini disediakan dua buah ebook panduan menggunakan Facebook untuk pemula (for Dummies)dan tingkat lanjut (advanced user).

            Aplikasi online Facebook tidak hanya mampu mengkomunikasikan melalui pesan, akan tetapi mampu pula menciptakan komunikasi interaktif online. Di antara situs jejaring sosial, Facebook memiliki fitur yang paling lengkap. Mereka yang memanfaatkan aplikasi jejaring online Facebook tidak hanya individu, akan tetapi kelompok, organisasi, dan bahkan suatu negara. Tentunya kita masih ingat ketika Israel pernah memanfaatkan Facebook (bersama dengan Twitter) untuk membela kepentingan mereka di Jalur Gaza.


Aplikasi opera mini
Description: C:\Users\Haydar\Pictures\java\speed-dial-opera-mini-next-7-handler.jpg
Opera Mini adalah penjelajah web yang dirancang khusus untuk ponsel, dan juga untuk PDA Phone dan Smartphone,Penjelajah Web ini tersedia dalam Java , Android, Windows Mobile, iOS,Blackbary OS , UIQ3, Symbian, dan Zebbo. Opera Mini adalah sebuah aplikasi yang gratis, didukung melalui kemitraan antara para pengembang, yaitu Opera Software, situs aplikasi gratis Gamejump situs web Yahoo, dan Mesin Pencari Google.
Opera Mini berasal dari Penjelajah opera web untuk komputer pribadi, yang telah tersedia untuk umum sejak 1996. Opera Mini pada awalnya dirancang untuk ponsel yang telah mampu terkoneksi atau tersambung ke jaringan internet. Opera Mini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 10 agustus 2005sebagai pilot projek dalam kerjasama dengan station televition Nurwegia,Tv2.  Sehingga pada saat itu, Opera Mini hanya tersedia untuk pelanggan TV 2.
Opera Mini terbaru mempunyai fitur yang tidak ada pada Browser bawaan ponsel biasa yaitu mengupload file secara langsung. Opera Mini terkenal akan dengan kecepatan browsingnya yang cukup cepat, biasanya lebih cepat daripada browser bawaan ponsel. Keunggulan lainnya dari Opera Mini adalah tarifnya yang relatif lebih murah dari browser bawaan milik ponsel ini dikarenakan Opera Mini dapat mengkompres suatu halaman sampai 90%. Keunggulan yang menarik ialah dapat menyimpan halaman website yang dianggap penting atau menarik oleh penggunanya, dan selanjutnya disimpan di folder yang telah dipilih pengguna pada memori telepon atau kartu memori. Opera Mini juga dapat menyinkronkan bookmark, dan tekan cepat ke akun milik anda dikomunitas opera. Versi Opera Mini 6 menyertakan fitur Share yang memungkinkan pengguna membagikan halaman yang dibaca ke account jejaring sosial facebook, tweeter dan My Opera.
















Aplikasi kamus
Description: C:\Users\Haydar\Pictures\java\kamus.jpg
Aplikasi Kamus sangat berguna dalam berbahasa, tahap pembelajaran kamus berperan penting dalam memahami kosa kata. Semangat belajar berbahasa tentu dilengkapi fasilitas yang lengkap diantaranya kamus tebal yang di bawa-bawa sepanjang waktu. Anda tidak perlu repot lagi membawa kamus yang tebal, karena ada solusi jitu yang akan membantu untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bahasa yang sulit untuk dimengerti. karena dengan menggunakan aplikasi kamus bisa mengurangi kepikunan sebab tanpa kita sadari aplikasi kamus mengajak  agar orang sedikit berfikir dan menganalisa tentang bahasa yang ingin di mengerti. Karena dengan berfikir dan menganalisa itu dapat mengurangi kepikun dalam usia yang sudah lanjut usia.
Sesuai dengan konsep belajar bahasa yang menyarankan agar kita praktek kapanpun dan dimanapun kita merasa senang untuk belajar Software kamus ini ada dalam  versi sesuai dengan sistem yang lebih banyak dipakai oleh pengguna aplikasi mobile yaitu dalam bentuk Java.


Aplikasi game
Description: C:\Users\Haydar\Pictures\java\ang.jpg
Bermain game juga ada manfaatnya. Manfaatnya yang selama ini saya dapatkan adalah melatih kepekaan, melatih problem solving, berpikir logis dan kreatif, dan yang paling berpengaruh adalah secara tidak langsung kita belajar bahasa Inggris. Manfaat yang terakhir ini sungguh luar biasa, kita sebagai orang Indonesia sangat buruk dalam mempelajari bahasa Inggris tetapi dengan bermain game mau tidak mau kita harus belajar bahasa Inggris agar kita bisa memecakan permasalahan yang ada didalam pemainan game agar kiata bisa memenangkan game itu. Karena bahasa yang digunakan dalam game pada umumnya adalah bahasa Inggris, dan dialog, pengantar, tips, pilihan yang ada memakai bahasa Inggris, sehingga semakin sering kita bermain game, kita secara tidak langsung telah berlatih bahasa Inggris. Hasil penelitian menyebutkan bahwa para pemain game ini memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali. Manfaat dari bermain game juga dapat dirasakan bagi orang yang sudah tua atau dengan kata lain lanjut usia karena dengan bermain game bisa mengurangi kepikunan sebab tampa kita sadari game mengajak pemainnya agar sedikit berfikir dan menganalisa bagaimana cara menyelesaikan permain game. Karena dengan berfikir dan menganalisa itu dapat ngurangi kepikun dalam usia yang sudah lansia. Ternyata maksud dari semua pembuat game dan kebanyakan programmer game adalah berusaha melatih kepekaan, problem solving, dan logika pemain ketika dihadapkan pada suatu keadaan yang kurang menguntungkan, dibumbui dengan kejutan2 dan ketegangan yang memompa adrenalin dan emosi. Contohnya : KONAMI, pembuat game SILENT HILL, dan developer game2 yang lain ingin mengatakan bahwa “dalam keadaan serba sulit, asal kita mau berusaha, pasti ada jalan keluarnya”

Jadi manfaat dari bermain game, dapat disimpulkan dalam beberapa point sebagai berikut:
  • Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
  • Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers lainnya secara multiplayer
  • Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
  • Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas
  • Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi – terutama anak perempuan, yang tidak menggunakan teknologi sesering anak cowok.
  • Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
  • Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin komunikasi satu sama lain.
  • Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuha

PENUTUP
Simpulan
Dengan proses pengenalan java ini, maka dapat disimpulkan.
§  Bahwa java adalah suatu aplikasi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari kita dan sangat membantu
§  java sebuah program yang dapat membuat berbagai aplikasi
§  Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
§  Bahasa Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992.
§  Sistem Android saat ini menggunakan Java didalamnya, dimana lapisan di atas kernel adalah Android runtime,
§  TIPE DATA JAVA
1.      Tipe Data Primitif
v Integer ( Bilangan Bulat )
v Floating Point ( Bilangan Pecahan )
v Char
v Boolean
2.      Tipe Data Referensi
Java memiliki karakteristik berikut :
§    Berorientasi objek (Object )
§   Interpreted
§   Robust
§   Secure
§  Architecture Neutral
§  Portable
§  Multithreaded
§   Dynamic


3.2  Saran

Untuk mengenal lebih jauh tentang java belajar sejak dini karena java merupakan suatu program yang di buat untuk membuat aplikasi yang berguna bagi zaman modern saat ini. Dan dengan pesatnya teknologi saat ini, dan fasilitas yang sudah lebih maju, perbanyaklah belajar tentang IT dan yang berhubungan dengan IT, karena sangat berguna di kemudian hari, dengan java maupun yang lain.

 Dafttar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar